Minggu, 22 Juli 2012

Konfigurasi Webalizer



Berikut merupakan langkah-langkah yang di lakukan untuk konfigurasi webalizer:

SSH ke mesin Andalas dengan IP 192.168.136.11 lalu lakukan perintah “yum install webalizer” pada terminal apabila aplikasi tersebut belum ada, apabila sudah ada maka buka direktori file “/etc/webalizer.conf” untuk mengkonfigurasinya.

Pertama: Terdapat LogFile bergunakan untuk mengambil data yang akan ditampilkan pada webalizer. Pada mesin Andalas LogFile di ambil dari direktori atau disesuaikan dengan direktori file log nya (misal: “/etc/httpd/logs/www.menlhnew.go.id-access_log”).

Kedua: OutputDir (Output Direktori) adalah wadah untuk penyimpanan aplikasi yang didalam-nya terdapat gambar (Grafik) yang akan ditampikan pada web browser.
(misal: “/home/menlh/www/statistic/www”).

Ketiga: HistoryName adalah direktori yang digunakan untuk menyimpan semua histori yang dilakukan pada webalizer tersebut. (misal: “/etc/httpd/logs/webalizer/webalizer.hist).

Keempat: ReportTitle digunakan untuk memberikan Judul pada Webalizer yang akan ditampilkan pada web browser. (misal: Statistik Pengakses Website www.menlh.go.id)

Kelima: Apabila semua konfigurasi telah dilakukan maka langkah selanjutnya adalah mempublish Webalizer yang telah dibuat. Konfigurasi pada direktori (misal: “/etc/httpd/conf.files/www.conf”) sesuaikan direktori config yang ada punya. Kemudian masukkan data yang sesuai dengan direktori yang telah dibuat tadi.

Keenam: Jalankan Webalyzer. dengan comment: /usr/bin/webalyzer
tunggu sebentar. proses sedikit memakan waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar